Matras Silat Murah

Matras Silat Murah

Peran Matras dalam Cabang Olahraga Silat

matras silat murah

Matras merupakan salah satu perlengkapan yang berfungsi untuk mengurangi, atau bahkan menghindari, resiko cedera olahraga-olahraga keras, semacam silat karate, taekwondo, dan sejenisnya. Saat ini, sudah banyak matras silat murah dan cabang seni bela diri lain yang dijual di pasaran dengan harga bervariasi, tergantung spesifikasi dan merek matras yang bersangkutan.

Matras merupakan salah satu komponen penting yang wajib ada dalam praktek bela diri. Matras it sendiri digunakan untuk meningkatkan keamanan, keselamatan dan kenyamanan. Umumnya, olah raga ini dilakukan di gedung ataupun tempat yang lapang. Karena tidak semua orang memiliki ketahanan fisik yang berbeda, maka antispasi keselamatan tentu harus di prioritaskan.

Sekilas Tentang Matras Silat Murah

Jika Anda membuka Kamus Besar Bahasa Indonesia, matras diartikan sebagai kata benda yang dapat diartikan tabung gelas kimia dengan ujung yang sebelah tertutup, bentuk bulat, dan memiliki leher panjang. Selain itu, matras juga diartikan sebagai kata benda dan dapat diartikan sebagai kasur tebal dan padat yang diisi dengan kapuk (sabut kelapa dan sebagainya) untuk alas tempat tidur, bolsak, atau kasur karet busa.

Namun seiring perkembangan zaman, juga adanya tingkat kebutuhan yang lebih di duna olahraga bela diri, matras hadir dengan bahan karet busa yang lebih simple namun lentur. Matras jenis karet busa ini umumnya juga menjadi alas lantai bagi cabang olahraga bela diri, loncat, senam, dan sebagainya.

Matras juga sering digunakan sebagai alas tidur untuk camping  pengganti kasur. Matras sebagai  keperluan alas tidur ketika berkemah umumnya juga dilengkapi dengan bantalan sehingga tidur tetap bisa nyaman meskipun beralaskan tanah di alam bebas.

Seiring dengan berjalannya waktu, penggunaan matras kian  meluas dari sekadar alas tidur menjadi sarana latihan dan pertandingan dalam beberapa cabang olahraga yang memungkinkan terjadinya kontak tubuh atlet dengan lantai.

Beberapa cabang olahraga yang mengharuskan penggunaan matras ini merupakan cabang olahraga beladiri yang memperbolehkan menjatuhkan lawan menggunakan kaki dan membanting lawan ke lantai, sepert halnya pencak silat, karate, gulat, aikido, taekwondo, dan judo.

Selain hal-hal di atas, matras pun kerap kali digunakan untuk cabang olahraga senam atau gymnastic  yang memungkinkan atlet lebih sering berinteraksi dengan lantai, seperti senam lantai, senam ibu hamil, senam ritmik, balet hingga olahraga latihan konsentrasi seperti pilates dan yoga. Ada pula matras yang memiliki jenis khusus yang digunakan sebagai alas mendarat bagi olahraga seperti lompat tinggi.

 

Spesifikasi Matras Silat Murah

Spesifikasi matras untuk olahraga sebenarnya beragam, dapat sesuai dengan jenis olahraga yang dilakukan. Matras untuk olahraga silat misalnya, umumnya berukuran lebih panjang dan lebih luas dibandingkan matras untuk olahraga senam dan latihan pernapasan.

Matras untuk olahraga bela diri silat sendiri juga wajib digunakan, baik itu sebagai sarana latihan maupun dalam hal pertandingan, sebagai tindakan preventif guna meredam gerakan dan berat badan ketika atlet terbanting atau terjatuh ke lantai dalam kecepatan tinggi.

Khusus untuk matras olahraga beladiri karate, umumnya matras yang digunakan terbuat dari bahan karet sintetis dan berbentuk puzzle. Tujuannya tak lain agar mudah dibongkar dan dipasang, selain untuk memudahkan dalam

perawatan serta penyimpanan. Ketika puzzle dipasang, matras untuk karate biasanya memiliki ukuran 8 m x 8 m, dengan tambahan satu meter berkeliling sehingga total ukuran rata-rata adalah 10 m x 10 m. Matras untuk karate ini tidak memerlukan garis lingkar seperti yang biasa terdapat pada matras untuk pencak silat.

Untuk olahraga beladiri, matras yang digunakan pada cabang karate biasanya memiliki banyak kesamaan dengan matras yang digunakan cabang taekwondo, yaitu didominasi warna merah dan biru, serta tak memakai garis lingkar seperti matras pada pencak silat.

Sementara, matras untuk beladiri cabang judo umumnya memakai bahan busa atau serat kelapa yang dipadukan dengan batang pohon sejenis alang-alang, sebab judo meruakan salah satu jenis bela diri yang didominasi teknik banting.

Fungsi Matras dalam Silat

Dalam penggunaannya dalam dunia olahraga, secara umum matras memiliki tujuan utama untuk mengurangi resiko cedera pada tubuh atlet, sebab terbanting ke lantai tanpa alas dapat menyebabkan luka gores hingga luka lebam, bahkan parahna lagi mnimbulkan cedera pada persendian dan patah tulang.

Matras ini berfungsi untuk meredam teknik banting sehingga benturan keras tubuh dengan lantai dapat dihindari. Memang benar, matras bukanlah jaminan seorang atlet tidak mengalami cedera selama pertandingan, tak lain karena penyebab cedera bisa bermacam-macam.

Namun, paling tidak penggunaan matras sebagai alas pertandingan dapat mengurangi risiko cedera hingga 90 persen, sehingga keamanan, kenyamanan dan keselamatan atlet bisa lebih terjaga.

Lain dari matras tidur, matras silat murah memiliki ukuran 1×1 meter dengan ketebalan mulai dari 2-4 cm. Silat memang tak banyak melakukan teknik bantig seperti judo, MMA dan gulat. Namun terdapat gerakan berguling dan beberapa teknik yang mengharuskan pesilat untuk menjatuhkan diri untuk enjegal lawan. Sehingga keberadaan matras tentu sangat penting. Adapun fungsi matras dalam dunia silat adalah:

  1. Melindungi tubuh dari benturan keras

Hampir seluruh cabang bela diri memiliki teknik menjatuhkan lawan, seperti judo, gulat, MMA dan sebagainya. Untuk meminimalkan adanya benturan, sangat disarankan penggunaan matras dalam seni bela diri yang lentur dan mampu menunjang keamanan, kenyamanan dan keselamatan pesilat.

  1. Meminimalkan resiko cedera bagi pesilat

Ketika anda mengalami benturan dengan lantai yang keras, tentu ini akan sangat membahayakan diri Anda. Maka dari itu keberadaan matras dalam segala cabang bela diri sangatlah penting.

  1. Mengurangi terjadinya luka gores

Praktek bela diri khususnya silat memang tak selalu dlakukan di atas lantai yang memiliki struktur yang halus. Ternyata ada kok beberapa yang berlatih di pelataran luas yang memiliki struktur yang tak rata. Maka dari itu, jika tidak ada matras yang melindungi Anda ketika berlatih, bisa jadi gerakan bela diri yang dilakukan tak jarang meninggalkan luka gores.

  1. Menghindari terjadinya cedera kepala

Sama seperti resiko cedera lainnya, pada bagian yang satu ini memang harus sangat ekstra hati-hati. Kepala adalah bagian tubuh yang sangat rawan dan paling vital. Maka jangan sampai dalam prakteknya, Anda melewatkan penggunaan matras. Sebab jika Anda tak menggunakan matras, maka resiko gagar otak dapat mengintai Anda.

Penggunaan Matras Silat Murah di Dunia dan Prestasi Membanggakan Pesilat Tangguh Indonesia

Dapat Dikatakan bahwa seni bela diri tersebar di hampir seluruh penjuru dunia dan setiap negara memiliki seni bela diri yang berkembang di daerahnya masing-masing. Contohnya saja seni pencak silat.

Seni bela diri yang satu ini merupakan seni bela diri yang mulai berkembang di negara-negara ASEAN seperti MalaysiaIndonesiaThailand, dan Brunei. Namun di setiap negara tersebut, pencak silat memiliki ciri khas masing-masing.

Mungkin Anda pernah berpikir, apakah di seluruh dunia menggunakan matras silat murah yang sama? Jawabannya, YA. Sebab ini sudah menjadi kriteria khusus dan menjadi paten yang harus dipatuhi karena telah disepakati sesuai dengan tingkat keamanannya.

Apakah Anda memperhatikan arena tanding cabang olahraga silat pada gelaran Asian Games pekan lalu? Kurang lebih seperti itulah gambaran umum mengenai regulasi arena tanding pencak silat.

Di Indonesia, silat semaki menjadi olahraga yang digemari terlebih sejak prestasi cemerlang atlit pencak silat di gelaran Asian Games 2018 Jakarta-Palembang pekan lalu, seni bela diri silat mulai mendapatkan pembinaan yang baik.

Leave a Comment

Matras Silat Murah
Send via WhatsApp